-->

Komponen Perangkat Lunak (Software Component)

Bersamaan dengan berkembangnya disiplin ketehnikan, diciptakan sekumpulan komponen perancangan standar. Sekrup standar dan IC yang terpisah hanya merupakan dua dari ribuan komponen standar yang digunakan oleh ahli teknik listrik dan mesin pada saat mereka merancang sistem yang baru.Komponen-komponen yang dapat digunakan lagi sudah diciptakan sehingga ahli tehnik dapat benar benar berkonsentrasi pada elemen-elemen inovatif suatu perancangan (contohnya bagian-bagian desain yang mewakili beberapa hal baru).Dalam dunia perangkat keras,hal ini merupakan hal yang harus dicapai dalam skala yang luas.



Reusability merupakan suatu ciri penting dari komponen perangkat lunak kualitas tinggi (lihat Bab 26 untuk informasi tambahan). Sebuah komponen perangkat lunak harus didesain dan diimplementasikan sehingga dapat dipakai lagi pada berbagai program yang berbeda.Pada tahun 1960-an, kami membuat pustaka subrutin ilmiah yang dapat dipakai pada deret aplikasi tehnik dan ilmu pengetahuan yang luas.Pustaka subrutin ini menggunakan kembali algoritma yang didefinisikan secara baik dengan cars yang efektif,tetapi memiliki domain aplikasi yang terbatas.Sekarang, kita memperluas pandangan kita tentang kegunaan tersebut untuk mencakup tidak hanya algoritmanya saja, tetapi juga struktur datanya.

Komponen-komponen reusable modern mengenkapsulasi data dan pemrosesan yang diaplikasikan kedata yang memungkinkan insinyur perangkat lunak membuat aplikasi baru dari bagian-bagian yang dapat digunaakn kembali.Sebagi contoh,interface interaktif saat ini dibuat dengan menggunakan kom-ponen reusable yang mampu nembuat jendela-jendela grafis, menu-menu pull-down, dan mekanisme interaktif dengan variasi yang sangat luas. Struktur data dan detail pemrosesan yang dibutuhkan untuk membangun interface,diisikan kedalam sebuah pustaka komponen reusable untuk konstruksi interface.

Komponen perangkat lunak dibangun dengan bahasa pemrograman yang memiliki kosakata terbatas,sebuah tata bahasa yang dibatasi secara eksplisit,serta aturan-aturan syntax dan semantik yang dibentuk secara baik. Pada tingkat yang paling rendah, bahasa-bahasa itu mencerminkan serangkaian instruksi perangkat keras. Pada tingkat sedang, bahasa pemrograman seperti Ada 95,C,atau Smalltalk,dipakai untuk membuat deskripsi prosedural dari program.Pada tingkat yang paling tinggi, bahasa-bahasa tersebut menggunakan ikon grafik atau simbol lain untuk mewakili kebutuhan akan sebuah pemecahan.Instruksi-instruksi yang dapat dieksekusi dibuat secara otomatis.

Bahasa tingkat mesin merupakan perwakilan simbolik dari serangkaian instruksi CPU.Ketika pengembangan perangkat lunak yang baik memproduksi sebuah program yang didokumentasikan dengan baik dan juga dapat diperbaharui,maka bahasa tingkat mesin dapat secara ekstrim menggunakan memori dan kecepatan eksekusi program secara efisien.Bila program tidak dirancang dengan baik dan hanya memiliki sedikit dokumentasi, maka bahasa tingkat mesin akan menjadi sebuah mimpi buruk.



Bahasa tingkat menengah memungkinkan pengembang perangkat lunak serta program tidak tergantung pada mesin. Ketika digunakan penerjemah yang lebih canggih, maka kosakata, tata bahasa, syntax, dan semantik dari bahasa tingkat menengah dapat menjadi lebih canggih daripada bahasa tingkat mesin.Pada kenyataannya, bahasa tingkat menengah meng-compile dan menginterpretasi hasil bahasa tingkat mesin sebagai keluaran.

Meskipun sekarang ini dipakai ratusan bahasa pemrograman, tetapi bahasa pemrograman tingkat menengah yang masih dipakai secara luas didalam industri kurang dari 10.Bahasa seperti COBOL dan FORTRAN masih tetap dipakai secara luas lebih dari 30 tahun setelah masa pengenalannya.Banyak bahasa pemrograman modern seperti Ada 95, C, C++, Eiffel, Java, dan Smalltalk mendapat sambutan yang sangat antusias.

Kode mesin, bahasa assembly (tingkat mesin), bahasa pemrograman tingkat menengah, sering di sebut tiga generasi bahasa komputer yang pertama.Dengan bahasa-bahasa tersebut, pemrograman harus melihat dengan baik kekhususan struktur informasi maupun kontrol pemrograman itu sendiri.Demikianlah bahasa didalam tiga generasi yang pertama dimasukkan kedalam jenis bahasa prosedural.

Langsung menyatakan sebuah program melalui spesifikasi hasil yang diharapkan, dan tidak pada aksi yang dibutuhkan untuk mencapai hasil tersebut [COB85]. Perangkat lunak penopang menerjemahkan spesifikasi hasil ke dalam sebuah program mesin yang dapat dieksekusi.



Aplikasi Peta dan Monitoring


Aplikasi peta dan monitoring berfungsi sebagai aplikasi yang menampilkan peta elektronik dan aplikasi yang menampilkan titik posisi serta informasi lain dari sebuah atau beberapa kendaraan yang sedang beroperasi. Aplikasi ini dilengkapi fasilitas standar aplikasi peta seperti zooming, panning, info jalan/ daerah, pencarian nama jalan atau lokasi dan fasilitas standar lainnya. Untuk aplikasi monitoring aplikasi ini memiliki fasilitas untuk menampilkan lokasi kendaraan, kecepatan kendaraan, arah kendaraan, status kendaraan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan kendaraan yang disimpan dalam database. Fasilitas-fasilitas lain yang lebih spsesifik akan diberikan sesuai dengan jenis produk yang kami tawarkan.


Aplikasi Database Sederhana

Aplikasi database sederhana berfungsi sebagai aplikasi penyimpanan data kendaraan dan informasi lain yang berhubungan dengan operasional kendaraan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan informasi real time dan fasilitas pembacaan informasi dari data tersimpan yang kemudian dapat ditampilkan kembali dalam bentuk historical monitoring dari sebuah atau beberapa kendaraan ketika sedang beroperasi sesuai dengan waktu operasinya.

0 Response to "Komponen Perangkat Lunak (Software Component)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel