-->

Belajar Paritas Ganda Pada Sandi Biner

Paritas Ganda
Untuk menyempurnakan hal ini, kita dapat menggunakan pemeriksaan paritas-ganda pada pita magnetic. Gambar 3-1 memperlihatkan suatu pemeriksaan paritas ganda, yang menggunakan paritas ganjil. Informasi ditempatkan pada pita di dalam apa yang disebut medan (field) atau blok. Diperlihatkan sebuah blok dengan tujuh bads horisontal dan tujuh kolom vertikal. Titik hitam menyatakan daerah termagnetisasi, sedang titik kosong menyatakan daerah tak termagnetisasi. (Atau, hitam dapat merupakan salah saw polaritas dan kosong polaritas lainnya.) Namun kemungkinan dua bush meteor jatuh ke dalam dua lubang adalah jauh lebih kecil. 


Untuk menyederhanakan permasalahannya, rnisalkan bahwa telah dikodekan bilangan-bilangan biner ke dalam 6 bit pertama pada masing-masing bans, dan bit ketujuh pada masing-masing baris merupakan bit paritas horisontal. Pada bans pertama terbaca 101001 dengan bit paritas 0. Pada baris kedua terbaca 000110 dengan bit paritas 1. Masing-masing bans mengandung bit paritas-ganjil, sehingga pada scat pita dibaca secara elektronis dapat dilakukan suatu pemeriksaan pan tas ganjil Ketujuh bans seluruhnya berisi bit-bit paritas-ganjil, satu untuk masing-masing kolom. Kolom vertikal pertama adalah 101111 dengan bit paritas 0 (dibaca dari atas ke bawah).



Kolom kedua terbaca sebagai 001010 dengan bit paritas 1. Dengan cars ini, setiap ko-lom mempunyai sebuah bit paritas-ganjil. Keuntungan paritas-ganda ini adalah bahwa kesalahan ganda dapat dideteksi secara elektronis selama pembacaan pita. Sebagai con-toh, misalkan baris pertama (101001 0) karena sesuatu 1 1 terbaca salah sebagai 011001 0.(2 bit pertama telah terkompiemen). Telah terjadi kesalahan ganda, maka paritas ganjil horisontal masih sesuai. Namun demikian, paritas ganjil vertikal tidak akan sesuai karena kolom pertama dan kedua akan mempunyai 1 dalam jumlah yang genap.

Bab-bab selanjutnya membahas rangkaian untuk memeriksa paritas genap dan gan-jil. Seperti telah dikemukakan, pemeriksaan paritas merupakan metoda deteksi kesalah-an yang paling lu as penggunaannya.


0 Response to "Belajar Paritas Ganda Pada Sandi Biner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel